PDF Reader ‘n Creator Versi Saya

Barusan, gw baca file format .pdf file yang dikasih oleh trainer gw. isinya tentang bagaimana mengoperasikan Java untuk pemula dan menengah. Isinya 1518 lembar dengan menggunakan bahasa Inggris pula, tetapi bagusnya bahasa yang digunakan adalah bahasa yg umum dipakai, jadi kita gak terlalu pusing untuk mengartikan kalimat demi kalimat yang ada.

Reader

Oke, jadi gini, kmaren gw kerumah Fajar, kebetulan dia ada Adobe Reader 8. dan kebetulan juga dia ada koneksi internet cepat unlimited pula! ya udah dah gw donlod di home nya adobe dapet adobe reader v.9 file nya gede juga 35 MB tapi karena cepet itu cuma berlangsung sekitar 10-15 menitan. ya gw sambil ngobrol2 aja.

Udah kelar gw sekalian donlod yg laen2 juga. besoknya gw coba dirumah, eh malah gak bisa. parah dah.. ya udahlah ahirnya gw masih pake adobe reader v6 dirumah. setelah gw pikir2 dengan membandingkan adobe reader v8 di lab yang biasa gw pake praktek dengan v6 punya gw, ternyata kelebihanya lebih bagus yang v6. kelebihannya antara lain adalah :

  1. Memori yang digunakan lebih kecil
  2. Akses lebih cepat dalam membuka dan membaca file
  3. Indeks searching lebih terfokus dalam bentuk list yang bisa diklik (ini yang utama)

Gw bahas yang ketiga:
Kalo di v8 pencarian file dengan 1500an halaman lambat bangets! dia nyari perhalaman jadi makan waktu juga. klo di v6 gak dikasih tau metodenya mungkin sama, tapi kita lebih diamankan (maksudnya ditenangkan) dengan adanya list2 dari hasil daftar pencarian. List tersebut dapat kita klik untuk menuju ke halaman yang ada kaitannya dengan kata tersebut.

Tampilan di v8 lebih bersih dibanding v6. icon2 yang ditampilkan lebih ‘cute’ dan terasa halus. Area pencarian di v8 hanya berupa kotak dialog sebesar mungkin 1x5cm di v6 lebih mirip sidebar seperti bookmark yang ketika ditampilkan di sebelahnya karena ini untuk menempatkan hasil pencarian berupa list.

Penggunaan memori lebh sedikit dibanding v8. klo dulu gw pake v7 file .pdf belom gw buka udah ngeload duluan dia ngambil propertiesnya dulu jadi lamban nah itu dia yg gw gak suka makanya gw ganti ke v6, kalo gw ganti ke v5 iconnya masih jelek banget butut gitu.

Karena gak bisa installl v9 gw cari di internet dengan kata kunci lebih bagus mana adobe reader v6, v8, atau v9. karena gw rasa v6 lah yang lebih baik dan gw minta pendapat blogger yang lain dengan melihat di search engine.

Setelah gw lihat2 eh, malah software laen yg gw dapet. itu juga karena ada referensi dari blogger yg pindah karena masalah resource memory yg dipakai lebih banyak dibanding software baru tsb juga fungsi2 yang dimiliki lebih baik dan banyak dg memori dan hardisk yg minimal.

Dan inilah software yg gw dapet:

Foxit Reader v3 Pro

klo gw review nih software (ah, gw bisanya cuma review doang kritik kasih saran dll gak pernah gw buat software bagus ke gini buat orang2, insya Allah mungkin nanti bisa, amin!)

Jadi gini, review gw setelah gw menggunakan software tsb:

  1. Memori yg digunakan lebih sedikit dibanding adobe reader v6 klo dilihat di task manager terlihat perbedaan mencolok: Foxit = 2.476, sedangkan AcroRd = 9.568 cukup menarik bukan?
  2. Pencarian dan Tampilan sama seperti v8 AcroRd bersih dan unik
  3. Fungsi foxit yang terintegrasi banyak sekali, salah satunya corat2 file, tambah suara, gambar dan lain dari file yang sedang kita buka. Sayangnya, klo kita save hasil coret2 kita pasti ada watermark diatas sebelah kanan dengan tulisan demo. agak mengganggu sih tapi kecil kok. karena klo mw ngilangin mesti beli yg pro. sedangkan yg di donlod itu cuma trial nya aja.

Gw udah install dan register foxit menjadi pro edition jadi gak akan ada watermark di kanan atas seandainya gw coret2 itu file. serial numbernya gw dapet dari sebuah blog juga. lupa gw nama blognya sory yah, kalo ada yg nemu ataua pemilik blog tsb langsung aja ngacung.

Salahnya, gw install file foxit dengan yang package jadi bukan berupa file installer, gw mw donlod lagi sayang karena kuota gw perbulan kan cuma 1GB, nantilah akhir bulan klo misal ada sisa baru gw donlod ulang. jadi itu file cuma 1 dia ngeload atau apalah namanya yg nanti klo buka file .pdf dia ngasih tau mw dibuka pake foxit ataua nggak, kalo nggak kita pun tetap dapat buka melalui menu open with… gw cari2 itu file nggak ada yg diinstall gw gak ngerti dah, gw jaga2 aja naro file itu di program file tersendiri.

Gw utak atik tu software bagus juga. baca2 anything yg gak guna disitu ahirnya ada menu convert to pdf dan setelah gw klik ternyata harus ada software lain lagi yg harus terinstall di PC gw ah ‘sua’ bangad dah, masa kudu donlod lagi? ahirnya gw coba2 gw donlod lah itu file sebesar 684 MB. install dan pake eh ternyata share ware dia jg ngasih watermark mirip spt foxit yg blm di registrasi gw coba registrasi pake serial nya foxit dia nolak gw cari di situs underground malah yg ada v1. ya udahlah ahirnya gw cari2lah software pengganti lain.

Creator

Setelah dicari2 ketemu banyak software gratis buat convert file ke pdf. setelah di cek atu2 (rajin amat!) gw milih software

 doPDF 6

kelebihannya adalah:

  1. Sama seperti pdf creator lain tapi yg jadi perhatian gw adalah dia membuat virtual printer untuk mencetak file2 apapun yang bisa dicetak oleh printer, entah itu documen, image or anything.
  2. Filenya kecil, Tidak makan memori banyak karena yg dibutuhkan hanyalah mencetak file ke .pdf layaknya mencetak kertas yang akan di print
  3. Dll.

Dah ah, pegel gw nulis banyak banget, udah adzan isya tuh Sholat dulu ah.. pokoknya itu aja software PDF Reader ‘n Creator yang ada di PC gw. oh iya AcroRd 6 juga masih ada blm gw remove karena buat pencarian masih lebih baik menggunakan adobe reader v6 tapi klo buat baca2 lebih baik di Foxit!

So, Apa Software pembaca dan pembuat format pdf kamu saat ini?

3 Tanggapan to “PDF Reader ‘n Creator Versi Saya”

  1. abuthoriq Says:

    Bagus, nambah informasi dan pengetahuan kami. Suwun

  2. iwan Says:

    tak coba lah, thx

  3. Zoe Says:

    @ abuthoriq
    Sama-sama pak.. saya senang bisa berbagi.

    @ iwan
    silahkan dicoba..


Tinggalkan Balasan

