Setting add on Simple Mail FireFox

Kali ini gw akan membahas salah satu dari extension yang dimiliki oleh FF dan tidak dimiliki oleh browser manapun (maybe?). Ide ini tercetus ketika gw menggunakan Microsoft Email Outlook sebagai software pengirim dan penerima email langsung dari komputer dapat dikirim dan disimpan emailnya.

Karena Ms. Outlook sifatnya software dan terpisah dari browser jika kita ingin mengecek email maka, harus membuka dulu ms. outlooknya send/receive – email – inbox; baru keluar pesan2 yang diterima. Kinerja komputer gw tidak mampu untuk membuka semua aplikasi dalam waktu yang bersamaan (ngehanK??) untuk itu gw mikir, kenapa gak dicari aja add ons nya FF? siapa tau ada?

Maka, dimulailah mencari lewat search engine yang langsung terhubung ke Mozilla add ons, eh ternyata ada 3 biji klo gak salah. dan yang paling bagus itu cuman sebiji doang. Biji itulah yang gw pakai sekarang sebagai software untuk mengirim dan menerima email langsung dari browser sekaligus dapat disimpan di PC. Inilah review dan cara settingnya:

Simple Mail v2.71

Simple Mail adalah salah satu bagian dari extension yang dimiliki oleh pengembang FireFox (FF) tepatnya salah satu dari sekian banyak relawan yang membuat program tambahan untuk FF. Pada tutorial kali ini sudah berada pada tahap menginstall add ons simple mail ke FF. Langsung aja, kita setting:

  1. Setelah di install, logo akan muncul di status bar bergambar amplop surat.
  2. klik kanan pada gambar surat tsb.
  3. klik preferences
  4. Pada tab accounts. karena masih kosong belum terisi apa2 maka, kita klik tombol add disebelah kanan.
  5. Disitu ada tab2 General, pop3/imap, smtp
  6. Klik tab general
  • Name; isi dengan nama kita berfungsi untuk memberitahukan nama pengirim kepada penerima.
  • Email; isi dengan email Anda.
  • Reply to; bisa diisi dengan email lain untuk email yang berlainan.
  • Refresh (every minutes); cek email dalam jangka waktu berapa menit.
  • Delete Messages from server; pilih when deleting from simple mail – ask.
  • Color; warna amplop pada status bar yang menunjukkan bahwa pesan yang masuk berasal dari akun dari warna yang Anda pilih.
  • Subject; jika diisi default new message akan terisi dengan subjek yang telah diisikan.
  • signature; footnote pada bagian terbawah email kita, sebelum footnote dari sponsor email (jika ada sponsor).
  1. Setelah itu pada tab pop3/imap dan smtp. isikan dengan yang telah ditentukan oleh penyedia email yang mendukung pop3 kamu.
  2. Jika sudah selesai klik close. Tenang saja konfigurasi kamu akan langsung disimpan oleh add ons tersebut.
  3. Untuk pilihan2 lain dicoba2 saja dulu, sama kok seperti konfigurasi email outlook sejenis.

Problem:

Waktu gw pertama kali install ini, berhasil terus ketika gw utak-atik terjadi error. masalahnya begitu gw coba cek email. itu program terus mendownload isi pesan yang ada di inbox. pesan di inbox gw yang belum kebaca kebetulan mencapai 200an lebih. Waduh?? bagaimana?

Alhasil gw stopin aja jalur koneksi internet pake zone alarm. setelah itu amplopnya tertulis error. gak bisa diapa2in! gak bisa cek ini itu! yang lebih kejam itu amplop kedap-kedip mengganggu pemandangan.

Ya udah gw tutup aja browsernya, gw buka lagi eh, konfigurasi malah ilang semua! gw restart FF nya. Tetep aja! gw tambahin lagi satu persatu. Gak mau juga! capek, sebel, kesel, bercampur jadi satu. akhirnya gw uninstall aja itu add ons.

Karena penasaran gw install lagi, eh bukannya normal malah dia tetep aja gak mau. gw coba disable, terus di enable eh.. ternyata eh ternyata. Dia bisa lagi, balik lagi ke konfigurasi semuala.

Ya udah jadi segitu aja dulu pengalaman dari gw. sampe sekarang gw buat multipel akun tapi parahnya yang satu akun kalo lagi cek email dia malah mendownload seluruh pesan yang ada di inbox. tapi yang laen sih enggak. email baru aja yang dikasih tau.

Bingung gw pake cara apa lagi ya? untuk sementara gw sih mutusin koneksi internet pake zone alarm ‘n gak terjadi apa2 sih.

Buat kamu yang bingung ‘n mau tanya seputar masalah ini, boleh komen disini langsung insya Allah akan gw jawab semampu gw. thanks!

Update 23Nov2008:

Ternyata masalahnya ada di settingan email kita. gini caranya:

  1. Masuk ke settingan email kamu.
  2. Pilih bagian POP3 email
  3. Lihat ada tulisan download semua email yang ada baik lama atau baru, Nah kalo ada kamu hilangkan tanda centangnya dan pilih yang bertuliskan download email baru sejak hari ini saja.
  4. Simpan preferensi kamu.
  5. Selesai!

Dengan begini email yang masuk di POP3 software kamu tidak akan didownload semua hanya email baru saja, terhitung dari diaktifkannya layanan POP3 kamu.

5 Tanggapan to “Setting add on Simple Mail FireFox”

  1. dia Says:

    bos kalo account nya itu bisa di logout gak, soalnya kompi yang saya pake kan bisa di buka sama siapa aja, jadi kalo account emailnya gak bisa di logout privacy nya kan gak terjamin.

    makasih

  2. Zoe Says:

    enggak bisa bos..
    simpel mail di FF klo udah dipasang ‘n di setting akunnya, besok harinya ketika FF dibuka sama orang lain pasti ngeliat ada mail masuk ‘n bisa dibaca juga ama itu orang tanpa setau ente.

    emang klo buat gini, bagusnya di komputer milik sndiri ‘n klo mau jaga privasi itu komputer di lock. nah masalahnya, komputer kita dipake ama semua anggota kluarga kita. gampang, ane jg begitu kok, solusinya ane pake firefox portable, nggak ada yg buka itu browser selaen ane dan juga setting simpel mail di FF pun tetap terjaga, karena hanya saya yg tau hehe… gitu bos.. klo mau di coba silahkan..

  3. arc flash Says:

    Bos gue coba setup..semua berjalan dengan baik dan benar..tapi kenpa sudah download double email yah..thanks neh

  4. Zoe Says:

    Maksudnya emailnya 2x ke download ama simple mail?
    harusnya sih, cuma 1 aja yg kedownload tiap kita refresh.. mungkin ada settingannya kali yg bikin 2x DL. coba diliat dulu settingannya uda bener blom..

  5. marjoryhuang Says:

    Thanks for this great site!


Tinggalkan Balasan

