Launching Website Sekolah

Hip…hip…. Hurrey.. Hip… hip horeee…
Senangnya hatiku kala peluncuran website sekolah pertama buatanku telah diluncurkan. Inilah dia saat2 yang dinanti dan ditunggu2. Bukan hal aneh dan baru memang tapi bagiku ini adalah kesempatan bagus untuk mengembangkan ilmu yang telah saya pelajari dan mengaplikasikannya untuk masyarakat.

Detik2 peluncuran website:

Pertama, bingung mau hosting dimana; yang bayar so pasti segen ngeluarin modal, alasannya ini website masih tahap uji coba, belum ada kepastian mau diterusin selanjutnya atauwa nggak. akhirnya setelah dipikir2 mending pake yang hosting gratisan.

Setelah dipikir ternyata bingung mau hosting gratis dimana, pertama ada 2 alternatif hosting luar negeri dan hosting lokal. cari2 ternyata yang banyak tersebar adalah hosting luar negeri, maka terpilihlah 2 kandidat untuk hosting luar negeri yaitu: 000webhost.com dan byethost.com nah setelah dicari2 masing2 kelebihan dan kekurangannya ternyata keduanya sama banyaknya malah yang lebih reliable katanya webhosting bayar ya meskipun murah tapi handal katanya ada support 24 jam lagi untuk bahasa indonesia tentunya.

Sementara itu hosting lokal setelah dicari2 ternyata didapat banyak tapi pertama ketemu adalah 1 yaitu cilacap online yang menyediakan gratis hosting tanpa banner semua terpenuhi.

Pilihan jatuh ke hosting luar negeri, gak tau penyebabnya mungkin karena ngeliat2 comment orang2 kali ya yang menyarankan untuk hosting disini maka terpilihlah 000webhost sebagai sign in pertama kali. Ternyata eh, ternyata daku belum jodoh dengan hosting ini setelah sign in sukses verifikasi email belum diterima sampai tulisan ini dibuat!.

Bosan nunggu, keesokan harinya saya nyoba hosting lokal. sign in, masuk,(pertama rada ribet, ini karena gw pake FF yang pake add ons noscript, karena itu web banyak banget scriptnya salah satu script minta dibuka. udah dibuka semua ternyata suruh cek cookies ribet banget dah pokoknya, akhirnya cookies dibersihkan semua, script untuk halaman itu dibuka semua. beres dah dia gak bawel lagi) setelah itu install selesai, beres! tak ada masalah lagi seputar hosting ini.

ada masalah sedikit pas lagi install joomla ke hosting tersebut karena apa? saya gak tau kenapa yang pasti ketika saya install untuk yang kedua kalinya itu installan sukses. maka bereslah, tinggal diatur konfigurasinya aja.

Oh iya ternyata hosting lokal itu juga berafiliasi dengan hosting luar
yang sama gratisnya cuma dia menambahkan sedikit embel2 pada domainnya
tepatnya subdomain dengan websitesaya.penyelenggara.com tapi itu bisa
diatasi dengan menggunakan domain co.cc yang gratis tentunya. yah… ternyata pake hosting luar juga, gw kirain hosting lokal beneran, kan biar cepet aksesnya gitu.

yang agak2 gak enak ini domainnya, sebenarnya ini domain tidak saya perkirakan sebelumnya, domain yang sudah saya siapkan adalah untuk domain default saya tapi kok malah domain ini yang sekarang malah akan menjadi domain milik saya? ya sudahlah nanti saya setting lagi servernya ke hosting saat ini. masalah selesai tinggal nunggu kapan waktunya aja.

Oke, mungkin saat ini gw gak mau ngasih tau nama websitenya apa karena web nya belum di atur isinya masih standar template bawaan. makanya kalo diliat juga percuma gak bakal ada isi apa2 didalemnya. Nanti suatu saat kalo gw udah selesai ngatur web, insya Allah gw akan berikan linknya. dan nanti juga ada minggu2 promosi web sekolah / portal sekolah gw.

Untuk saat ini adalah minggu2 building a website. dan minggu2 sebelumnya adalah learning ‘n planning a website.

oke, untuk saat ini demikian pengumuman dari saya. eh, iya ini bukan salah satu dari sekian misi saya lho. ini adalah salah satu dari kategori pembelajaran online dengan tema: Membuat website sekolah. yang pada sesi sebelumnya juga telah ada kategori pembelajaran online dengan tema: belajar PHP.
untuk belajar PHP ini adalah salah satu dari langkah menuju tema kedua yaitu membuat website yang sudah saya aplikasikan sekarang ini. Dan untuk tema selanjutnya mungkin adalah salah satu dari misi saya yang akan saya jalankan kemudian.

eh iya ngomong2 misi kmaren gw kan udah ngejalanin salah satu dari misi gw, nah itu rupa2nya misi gw itu ya ampun banyak banget halangan dan rintangannya! bayangin aja dari 404 orang peserta yang terpilih hanya 100 orang saja! mudah2an aja saya termasuk dari golongan 100 orang itu amiin! sekarang ini belum ada pemberitahuannya, dan nanti misalkan sudah diberitahukan mungkin akan saya kabarkan juga kesini. Mudah2an saya berhasil-mudah2an saya berhasil, berhasil.. amiinn..

nah, sekian dari saya. apabila kepanjangan ceritanya mohon dimaklumi.

2 Tanggapan to “Launching Website Sekolah”

  1. byme Says:

    semangat bro, kalo masalahnya dengan 000webhost yang kedirect ke byehost udah selesai belum.
    sepertinya ditunggu ntar juga bisa diaktivin.
    semangat trus brur oh hya ngasih sedikit masukan kalo mau belajar apa dan bagaimana cara membangun web seperti php css html disini saja http://w3schools.com
    oke semangat yo
    byme

  2. Zoe Says:

    makasih atas supportnya.

    klo untuk 000webhost itu udah gak masalah lagi. Itu karena gw udah pindah hosting ke domain lokal tapi masih server luar hehe..

    dan untuk 000webhost tetep gak bisa dipake sampe sekarang karna email aktifasinya belom gw terima di email gw mau ganti email gak bisa karena mesti diaktifin dulu dari email pemberian dia. alhasil gw hosting ditempat laen dan alhamdulillah website udah 90% selesai. sekarang lagi tahap selanjutnya hehe

    w3schools.com pake bahasa inggris ya? waduh gak kuku dah belajarnya serasa belajar di curtin university hahaha.. tapi gapapa sekalian ngasah ketrampilan berbahasa gw

    sekali lagi terimakasih atas rekomendasi website belajar php serta dukungannya 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: