Website Sekolah

Beberapa pekan yang lalu, disaat hari lebaran kita maaf2an. Temen2 SMP gw ngajakin buat jalan2 keliling rumah anak2 rencana itu emang udah diplanning di jauh2 hari pas waktu puasa, karena waktu itu kita pernah buka puasa bareng di sebuah mall di daerah jakarta barat.

begitu keliling kerumah anak2 gak semua rumah kita kunjungin karena rumahnya juga agak jauh akhirnya rumah yg deket2 aja yg kita datengin. itu juga makan waktu sekitar 3 hari baru kelar ngunjungin rumah2nya. udh gitu sampe malem lagi! manehan temen yg gw kunjungin itu ada yg diapelin oleh cowoknya. kita jadi merasa agak2 gimanaaa gitu. ya udahlah akhirnya kita kenalan ‘n ngobrol2 juga disono sampe sekitar jam 1 an klo gak salah, itu tamu juga udah rada2 sepet matanya minta pergi ini orang penggangu katanya hahaha tapi gak segitunya, karena kita ini orang baik2 ya udahlah kita sadar ‘n mencoba untuk pamit setelah menghabiskan beberapa peles kue serta sebotol coca cola.

pas diacara ini kita foto2 yang megang foto 1 orang + yg punya sekalian dan niatnya supaya temen2 lain bisa ngeliat hasil fotonya foto itu nanti nya akan kita share di social networking semacen Friendster dan memang kita akan menaruhnya ditempat tersebut, mengingat FS adalah jaringan terbesar di Indonesia serta semua teman2 juga udah rata2 pada punya akunnya.

Nah, begitu sampe rumah gw pengen registrasi buat akun FS anak2 kelas kita, tapi fotonya belum jadi alhasil kita tunggu dulu konfirmasi dari pihak yg punya foto. selagi menunggu itu gw jadi kepikiran kenapa gak bikin portal web sekolah aja sekalian?? kan sekolah SMP gw juga kebetulan belom punya website. akhirnya mulailah misi gw untuk membuat website sederhana dengan menggunakan joomla v1.0.12 stable. website itu gw bikin dalam waktu lebih dari 2 hari dan kurang dari 3 hari jadi ya.. kira2 3 harian lah.

Setelah gw bikin semuanya kelar add onsnya juga, lengkap dah tinggal masang forumya aja yg belom dan itu juga gw bakal bikin polling apakah akan dimuat forum atau tidak? supaya nantinya itu forum bakal ada yg ngurus gak hanya forum kosong doang kan sayang jadi gak guna itu forum.

step berikutnya adalah memilih hosting gratisan dan domain tanpa embel2 websitesaya.iniitu.com atau yg semacemnya. setelah dicari2 sempat membingungnkan juga pengennya sih di tempat lokal cuma jarang yg ngadain sempet liat yg adain cuma 1 yaitu cilacaponline kalo gak salah dan itu juga kemungkinan dia berafiliasi dengan host luar.

Dicari kesono kemare ternyata hosting gratisan banyak ruginya dibanding untungnya gw juga blom pernah sih bikin web semacem ini cuma udah pernah register webhosting di beberapa tempat dan setelah itu gw gak ngerti apa yg harus dilakukan selanjutnya ahirnya terbengkalai lah itu host, sampe sekarang jg masih ada yg aktif dan adapula yg sudah tutup.

Ternyata jatuh pada pilihan untuk domain dipilihlah situs .co.cc dan untuk webhostingnya jatuh pada 000webhost.com. kita register dah pada tu semua. setelah finish masalah muncul. ianya pada webhost ternyata itu terjadi padaku aaaaaaaaaahh.. parah! email aktifasi belom dikirim!

udah gitu yg aneh begitu gw create new account pas klik tombol finish
yg kluar bukannya tampilan informasi pendaftaran ‘n informasi yg
berisin dns server dan semacemnya tapi ngelink ke website registernya
byethost.com !

gw juga bingung ko bisa gitu?? Begitu gw coba login pake username ‘n
pass yg tadi bisa masuk tapi gara2 email aktifasinya belom dikirim
akhirnya terbengkalai, padahal gw udah mau deadline bikin website. ah…
parah… domain .co.cc itu waktunya 48 jam dimulai dari selesai pembuatan domain dan klo gak dipake domain itu bakal dihapus dan selanjutnya klo mau dapetin ya kita beli karena itu udah dijual sama yg punya!

ada yg mengalami hal serupa??? tolongin dong bro…………

Gw bikin ini website karena kecintaan gw pada teman2 gw, sohib2 gw, teman sekawan seperjuangan semasa SMP dulu dan sampe sekarang pun kita masih sempet kontek2an walaupun terpisah jarak. gw sayang banget sama mereka karena mereka adalah manusia2 yang menurut saya hebat di mata saya, mereka lain dari teman kampus, dan teman sekolah lain manapun.

Selain itu, gw juga sekalian ngasah keterampilan gw meski gw baru tau cara membuat website, ini gw dapet dari ilmu yang udah dishare di dunia maya dan semua ilmu itu gw serap dan gw terapkan dalam waktu 5 hari! untuk pembuatan website sekolah gw. Terimakasih buat semua master yang udah menulis ilmunya dalam websitenya dengan begini ilmu kalian akan terus mengalir seperti sungai yang terus mengalirkan airnya tiada henti..

Tinggalkan Balasan

