Memangkas Salib di Perkampungan Betawi

Masya Allah… Lahaula wala quwwata illa billah… Saudaraku.. apa yang terjadi denganmu?? Apakah kenikmatan dunia telah membutakan mata dan hatimu?? Apakah hanya dengan secangkir teh engkau mudah luluh menjual agamamu?? Katakan tidak!! Saudaraku.. katakan TIDAK!!!. Buktikan bahwa engkau adalah Betawi asli yang pantang menyerah, buktikan bahwa engkau Betawi yang cinta akan agamamu dan tidak akan pernah meninggalkan agamamu barang sedetikpun!, buktikan bahwa engkau masih memiliki Islam didadamu!! Buktikan Saudaraku… buktikan!!!.

Memangkas Salib di Perkampungan Betawi

Oleh : Fakta 02 Jul, 04 – 5:14 pm

Baca juga : BU HAJI di GEREJA
Masih ingat heboh penayangan Misa Natal di Kampung Sawah oleh SCTV 25 Desember beberapa tahun lalu ?” Jemaat gerejanya berpeci dan kerudung, atribut yang identik dengan ummat Islam. Kalangan Kristen sedang membangun kesan bahwa masyarakat Betawi identik dengan Kristen” Untuk menguak realitas sesungguhnya, Sahid menurunkan wartawannya ke ujung timur Jakarta itu.

[image]

Boleh percaya boleh tidak, tapi inilah yang terjadi di sebuah kampung Betawi di dekat perbatasan Jabar-Jakarta. Ketika mentari belum lagi mengintip, jalan selebar dua mobil itu telah ramai oleh suara sepatu yang mengalir dari gang-gang kecil. Selain tawa dan obrolan kecil, aroma parfum yang menebar pun turut mewarnai pagi buta itu. Sesekali deru mesin mobil dan motor memecah dari dua arah berlawanan.

Semuanya menuju ke satu tempat: GEREJA.

Menjelang terang, jalan kampung yang beraspal kelas empat itu penuh dengan kendaraan pribadi. Selanjutnya menggema kidung pujian ke segala penjuru. Ketika senja ditelan cakrawala, tak ada tanda-tanda aktivitas di gereja itu akan berhenti. Bahkan ketika malam tiba lampu-lampu di gedung itu tak juga dipadamkan. Esok paginya aktivitas serupa berlangsung lagi.

Tak heran jika setiap hari selalu terlihat kendaraan mewah keluar masuk kampung itu. Tentu saja bukan sekadar untuk mencari jalan alternatif dari kemacetan, sebab banyak bagian jalan-jalan di kampung itu telah rusak dan berlubang. Apalagi saat musim hujan, becek.

Tidak cukup di gereja, pada malam tertentu acara berlangsung juga ke rumah penduduk. “Siapa yang sering absen ke gereja dikontrol lewat acara itu,” papar Mela yang baru menyadari keadaan kampungnya setelah ia bersekolah di luar Kampung Sawah. Walhasil kampung yang ada di pelosok itu ramai dengan berbagai kegiatan Kristen.

Sebenarnya Kampung Sawah tidak berbeda dengan kampung di sekitarnya yang kehidupan penduduknya masih belum begitu makmur. Memang, di sepanjang jalan Kampung Sawah terlihat cukup maju. Itu karena di sana berjejer berbagai sarana utama kegiatan Kristen tadi. Tapi di bagian dalam kampung itu penghidupannya biasa-biasa saja. Apalagi dari sumber mata pencarian, kebanyakan dari mereka adalah dagang dan wiraswasta. Hanya sebagian saja yang berprofesi sebagai pegawai, baik negeri maupun swasta.

Meski begitu, di kampung yang letak persisnya di tenggara Jakarta itu terdapat tiga gereja besar, yakni Pasundan, Advent, dan Servatius. Gereja Servatius merupakan gereja terbesar dan terlengkap sarananya. Arsitekturnya bergaya Eropa kuno. Parkirnya luas dan asri. Konon, umurnya lebih dari 100 tahun. Hebatnyanya lagi, gereja ini pernah diresmikan oleh mantan Pangab Leonardus Benny Moerdani dalam satu kesempatan pemugaran.

Di sekitar gereja tersebar sekolah, balai kesehatan, dan balai pelatihan, lengkap dengan penginapannya. Antara lain Sekolah Strada dan Katolik; Balai Besehatan Melani, serta Pondok Damai. Bangunan terakhir disinyalir oleh sejumlah warga sebagai tempat pengkaderan pastur dan misionaris.

Dalam jangka panjang, kegiatan Kristen di Kampung Sawah juga akan semakin ramai dengan akan dibangunnya Gereja Kwitang. “Kalau lewat di depan kelurahan, Anda bisa lihat di situ sudah dipasang patok-patoknya,” ungkap Sholeh, seorang penduduk setempat lainnya yang kebetulan bukan asli Kampung
Sawah.

Meski masyarakatnya adalah orang-orang Betawi, tetapi secara administratif Kampung Sawah bukan wilayah DKI Jakarta. Tepatnya di Kecamatan Pembantu Jati Sampurna, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Berbatasan dengan Pondok Gede dan DKI, Kampung Sawah mencakup tiga desa, yaitu Desa Jati Warna, Desa Jati Murni dan Desa Jati Ranggon. Untuk mencapai daerah yang terletak sekitar 20 kilometer dari perbatasan Jakarta Timur itu paling tidak harus dua kali menumpang angkot dari terminal Kampung Rambutan.

Dinamika warga Kristen yang amat semarak itu menimbulkan anggapan, Kampung Sawah identik dengan pemukiman Kristen. Padahal menurut Sholeh, sebetulnya warga Muslim di kampung itu lebih banyak daripada warga Kristennya.

Madi, yang pernah menjadi ketua RT di sana menambahkan, dari seluruh penduduk yang berjumlah sekitar 4700 KK pada tahun 1988, yang beragama Kristen hanya 700 KK. “Di RT saya saja yang di kelurahan disebut paling banyak orang Kristennya. Dari 84 KK, yang Kristen cuma 30 KK, itu pun nggak semuanya orang Betawi,” tambah pedagang kelontong itu.

Menegaskan data yang diungkap Madi, Sholeh mengungkapkan bahwa mereka umumnya pendatang yang berasal dari Floses, NTT, Batak serta orang-orang Jawa. “Jadi, orang Kristennya di sini kelihatan besar karena banyak pendatang itu,” tegas pengelola sebuah yayasan Islam di kampung Sawah.

Apalagi kemudian ditambah warga yang menjadi Kristen karena perkawinan dan pekerjaan. “Kalau lagi ngurusin KTP warga, saya sering kaget karena banyak yang minta ganti nama dan agama jadi Kristen,” kenang Madi.

Tapi apa mau dikata, Kampung Sawah memang sudah telanjur dikenal sebagai perkampungan orang-orang Betawi Kristen. Pengalaman Madi bersilaturahmi dengan orang-orang di luar Kampung Sawah menunjukkan hal itu. Mereka kaget ketika mengetahui ia shalat. “Orang-orang yang belum tahu kita dianggapnya orang Kristen,” tutur Madi lagi.

Bukan sekali dua kali Madi mengalami hal serupa. Dalam beberapa kali kesempatan lainnya, ia juga kerap dianggap sebagai orang Kristen ketika mengaku berasal dari Kampung Sawah. Apalagi rumahnya berseberangan dengan sebuah gereja yang lumayan besar. Menurutnya, beberapa rekannya yang juga asli Kampung Sawah juga sering mengalami hal serupa.

Tayangan Misa Natal di SCTV semakin memperkuat anggapan bahwa Kampung Sawah sebagai kampung Kristen. Itulah sebabnya Madi dan sejumlah masyarakat kesal dengan SCTV. “Orang sini sebetulnya banyak yang nggak terima sama acara di SCTV itu,” ungkapnya kepada Sahid.

Gara-gara Gadis Dance

Tentang asal usul agama Kristen di sana, penelitian Yasmine Z Shahab untuk desertasi doktornya (l989 dan l992) menyebutkan ada beberapa versi. Versi pertama, ketika Belanda datang ke Kampung Sawah ratusan tahun lalu, mereka membawa serta seorang gadis bernama Dance. Kemudian ada seorang jawara (jagoan) yang sangat ditakuti dari Gunung Putri, Bogor, yang ingin memperistrinya. Karena hubungannya yang dekat dengan Belanda, akhirnya jawara yang bernama Jibun itu bisa mengawininya. Dari perkawinan itu lahir
seorang anak bernama Syarif yang kemudian oleh salah seorang pendeta dibawa ke Belanda untuk disekolahkan. Namanya pun diganti menjadi Esau.

Sekembalinya dari Belanda anak itu kemudian kawin dengan penduduk asli. Dari situlah kemudian berkembang menjadi keturunan sampai beberapa generasi seperti sekarang ini. Selain tinggal di Kampung Sawah, sebagian dari mereka juga ada yang bermukim di daerah Cawang dan Kramat Jati, dua tempat yang
juga ada di pinggiran Jakarta.

Dalam penelitiannya, Yasmine menemukan bahwa tersebarnya sebagian anggota dari komunitas Kampung Sawah ke daerah-daerah tersebut terjadi beberapa saat setelah Indonesia merdeka. Ketika itu warga pribumi –yang sebelumnya sering diperlakukan secara berbeda oleh kalangan Kristen melampiaskan kecemburuannya dengan melakukan balas dendam dengan menekan dan mengusir mereka dari sana. Maka terjadilah diasfora pada warga Kristen Kampung Sawah itu. “Sampai sekarang masih ada cucu-cucu keturunan Dance itu di sana,” ujar dosen Antropologi Kependudukan di FISIP UI itu.

Versi lain menyebutkan, tumbuhnya komunitas Kristen Kampung Sawah berawal dari hijrahnya sejumlah pekerja dari sebuah perkebunan di Tangerang oleh seorang tuan tanah Belanda ke kampung itu. Dua orang di antaranya diangkat sebagai anak oleh tuan tanah itu, yakni Layu Tjimi dan Anis Tjimi. Seperti biasa nama keduanya pun diganti olehnya menjadi Yoel Tjimi dan Yohanes Tjimi.

Selain dididik, mereka juga dikawinkan dengan penduduk asli Kampung Sawah hingga melahirkan beberapa generasi keturunan. Sejumlah anggota keturunan mereka biasa dipanggil dengan anak cucu Tjimi. Dan seperti halnya keturunan Dance, mereka juga mengalami diasfora sebagai akibat merdekanya Indonesia.

Masih ada sejumlah versi lain. Tapi terlepas dari itu, menurut Yasmine, berdasarkan surveinya, secara umum masyarakat Kampung Sawah yang Kristen itu sudah melepaskan kultur ke-Betawiannya, atau setidaknya tidak lagi menyatu dengan tradisi penduduk asli yang masih menganut Islam.

Contohnya, pernah ia melayat ke kematian seorang warga Betawi yang beragama Kristen. Selama prosesi berlangsung, ia tidak menemukan sedikitpun ada kultur Betawi yang terkait dengan kematian pada acara itu. “Yang masih hidup pun ketika saya wawancarai umumnya tidak mau disebut dirinya sebagai orang Betawi. Karena Betawi itu menurut mereka identik dengan Islam,” ujar dekan FISIP Universitas Az-Zahra itu.

Madi mendukung penjelasan Yasmine, bahwa secara kultural warga Betawi yang Kristen itu memang sudah tidak terlalu akrab lagi dengan budaya Betawi. Apalagi banyak dari mereka yang menjadi Kristen sudah sejak lahir karena mengikuti orang tuanya yang juga Kristen. Jangankan budaya, atribut-atribut Betawi saja ada yang sudah tidak punya lagi. “Waktu orang-orang itu disuruh sama pastur supaya pakai peci, ada yang datang minjem ke saya,” aku Madi sambil menyatakan bahwa penggunaan peci dan kerudung itu baru berlangsung belakangan ini saja.

Menarik untuk dicermati, mengapa sebagian masyarakat Betawi yang dikenal sebagai sangat kuat memegang tradisi dan kultur yang bernuansa Islam itu bisa tercabut dari akar-akar budayanya” Bahkan akidahpun sudah bisa terbeli sama sekali.

Menurut keterangan yang dihimpun dari sejumlah warga Muslim seperti Sholeh, Mela, dan Madi, serta dari penelitian Dr Yasmine, Kampung Sawah sejak masuknya orang-orang Belanda memang sudah dijadikan sebagai pusat kegiatan Kristen. Lewat interaksi yang dalam itulah warga setempat menerima banyak pengaruh. Akibatnya, seperti tergambar dalam sejarah Kampung Sawah di atas, mau tidak mau ada saja warga Betawi yang ikut berpindah agama.

Lagi-lagi Karena Bujukan

Pengalaman Madi menujukkan hal itu. Sejak kecil ia beserta teman-teman sebayanya juga sering sekali diajak oleh tetangga-tetangganya ikut ke gereja. “Nanti pulang dari gereja kita dikasih susu, telor bulgur, atawa kalau nggak tepung jagung,” kenangnya. “Tapi kalau sekarang sih kita nggak bakal mau lagi di suruh ke sono,” timpal istrinya.

Pihak gereja juga kerap kali mengunjungi warga setempat sambil membagikan makanan. “Biasanya tiap sore orang-orang sini sering didatangi sama suster-suster,” tutur Madi. Pendekatan itulah yang kemudian membuat sejumlah warga Betawi yang Muslim jadi mudah terbujuk berpindah agama. “Ya maklum, orang Betawi dulu kan hidupnya susah, jadi mau saja diajak jadi Kristen,” lanjutnya.

Masih ada jurus lain, yakni melalui perkawinan, pemberian lapangan pekerjaan, serta pembelian tanah-tanah milik penduduk setempat, terutama yang letaknya strategis, seperti di pinggir-pinggir jalan.

Melalui perkawinan, menurut cerita Madi dan Mela, orang-orang Kristen menempuh strategi yang licik. “Waktu mau kawin sama orang sini dia masuk Islam.

Kalau sudah punya anak, balik lagi jadi Kristen. Lantaran berat ke anak, bininya juga ikut Kristen,” tutur Mela geram. Memang ada juga yang tetap bertahan dengan agama masing-masing. Tapi akibatnya banyak yang hidup serumah dengan anggota-anggota keluarganya yang saling berseberangan agama.

Yang unik, sekalipun berbeda agama, hubungan sosial mereka cukup rukun, karena lebih didasari pada hubungan keluarga. Setiap hari raya misalnya, orang-orang Betawi Kristen kerap berkunjung dan membuatkan makanan serta mengucapkan selamat Idul Fitri. Begitu juga sebaliknya. “Baru dua tahun ini
saja kita nggak kirim-kiriman lagi, habis katanya ada yang bilang haram,” tutur istri Madi.

Sementara itu dari sisi ekonomi, gereja memberikan pekerjaan kepada warga setempat. Setelah sekian lama bekerja, baru ditawarkan pilihan untuk masuk Kristen jika ingin tetap bekerja atau dipecat jika bertahan sebagai Muslim. Menurut keterangan Madi, banyak sekali rekan-rekannya yang masuk Kristen lantaran dipaksa seperti itu. “Nggak tahu tuh kenapa pada mau saja disuruh pindah agama,” keluhnya sambil menunjukkan sejumlah rumah yang penghuninya sudah Kristen.

Menurut Sholeh, yang juga dikenal sebagai ustadz, warga Kampung Sawah bisa dengan mudah pindah agama, disebabkan karena pemahaman Islam mereka yang minim. Memang satu dua tempat masih ada pengajian, khususnya ibu-ibu. Tapi itu berlangsung hanya sebagai ritual belaka, bukan sebagai media untuk
membangun kesadaran yang lebih dalam tentang Islam. “Acaranya begitu saja. Kumpul-kumpul, baca Yasin dan ratiban. Habis itu ngocok arisan deh, selebihnya ngobrol ngalor ngidul,” papar Mela Prihatin.

Sebetulnya secara kuantitas di kampung itu bukan cuma penduduknya saja yang lebih banyak Muslim, tapi fasilitas-fasilitas fisik seperti masjid dan lembaga pendidikan Islam pun lebih banyak jumlahnya dibanding dengan apa yang dimiliki Kristen. “Yang besar-besar aja di Kampung Sawah ada enam masjid, belum lagi mushala dan madrasah-madrasah,” jelas Sholeh.

Memang fasilitas belajar dan alat-alat yang dimiliki gereja lebih lengkap. Tapi persoalannya bagi ummat Islam justru bukan di situ, melainkan karena di Kampung Sawah terdapat sedikit sekali tenaga da*i dan guru agama. Dai-dai yang kini ada, menurut Sholeh, masih kurang memadai, terutama dari sisi pengaruh dan komitmennya berjuang. “Bagaimana dia mau diikuti, kalau keluarganya sendiri masih ada yang Kristen,” ujar Sholeh.

Melihat semua problem yang amat kompleks tersebut, Sholeh saat ini bersama teman-temannya yang kebetulan sama-sama aktif di Partai Keadilan, khususnya DPC Jati Sampurna, tengah menggulirkan program dakwah berupa pengembangan dakwah dan pendidikan. Salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada sejumlah anak Kampung Sawah yang dihimpun dari pengelolaan zakat masjid al-Istiqomah, kompleks Bulog. “Sebagai partai dakwah kami memang ingin berusaha memenuhi komitmen kami terhadap ummat,” tegas Sholeh yang juga menjabat sebagai PK DPC Jati Sampurna.

Tapi tentu saja apa yang dilakukan Sholeh itu harus mendapat dukungan semua pihak. Dukungan itu pun harus dilakukan secara optimal dan berkesinambungan, baik oleh lembaga maupun individu. Jika tidak, Kampung Sawah suatu saat nanti benar-benar akan menjadi kampung Kristen lantaran ummat Islam di tempat lain kurang peduli terhadap nasib saudara-saudaranya di sana yang tengah terancam akidahnya. (Sabili)

38 Tanggapan to “Memangkas Salib di Perkampungan Betawi”

  1. danangak Says:

    Sebenarnya banyak yang masuk Kristen karena mereka terpanggil.Mereka ingin mendapatkan keselamatan yang berasal dari Yesus Kristus.Saya prihatin karena masih banyak orang yang belum selamat,salah satunya kamu.

  2. Zoe Says:

    Na’udzu billahi min dzalik..
    Jangan sampe saya, keluarga saya, dan anak2 saya [nanti] bahkan cucu2 saya dikemudian hari pindah ke lain agama selain agama yang diridhoi Allah swt. Islam rahmatan lil ‘alamin..

    Ya Allah… berikanlah keselamatan kepada kami, keluarga kami, cucu2 kami agar tetap berjalan di jalan-Mu ya Allah.. berikanlah hidayah bagi mereka yang Engkau kehendaki… aminn ya robbal ‘alamiin….

    Buat wargaku, bangsaku, tabahlah engkau.. janganlah engkau mau menukar agamamu dengan sebungkus mie instan, dengan secangkir kopi dan sekerat daging. Jangan engkau jual kenikmatan syurga akhirat dengan kenikmatan yang sementara ini.

    Suatu saat nanti Engkau akan memperoleh kemenangan.. pasti!! itu pasti!! Sabarlah saudaraku.. Aku akan terus berusaha agar menjadikan engkau bangsaku, rakyatku sejahtera dan menjadikan engkau makmur di rumah engkau sendiri.. amiin…amin… ya robbal ‘alamin bil qobul..

  3. petruk Says:

    hampir semua agama disebarkan oleh pengikutnya melalui perdagangan, perkawinan, ancaman dll ngga terkecuali islam yang juga masuk indonesia melalui cara dagang, perkawinan atau ancaman (tidak murni dari panggilan hati) dengan penduduk asli indonesia yang waktu itu beragama hindu dan budha (lihat sejarah). lha sekarang kok jadi islam yang menyalahkan agama lain yang juga sama2 menyebarkan agamanya melalui hal yg sama. bahkan banyak sekarang orang yang menjadi mualaf apapun agamanya lantaran nikah sama muslim..EOk EOk EOk EOk…pliss dagh. mending mikir diri sendiri dulu, udah suci atau belum, ingat! orang masuk ke surga (kalau pun itu ada) ngga ngajakin orang lain. lu cuman bawa badan lu yg bau lumpur dosa dan mempertanggungjawabkan apa yg uda lo perbuat di dunia…

  4. Zoe Says:

    Banyak sudah, orang2 yang mau berfikir pindah dari agama semula menjadi muslim, dan itu hanya untuk orang yang berfikir saja!! ingat, hanya untuk orang2 yang berfikir! Tidak seperti yang dilakukan orang lain yang menyogoknya dengan sebungkus mie instan, dengan bantuan ini-itu. Mereka yang lemah imannya akan mudah tergoda untuk menerima sogokan2 itu, tapi bagi mereka yang kuat akan agamanya pasti mereka kan memperoleh kebahagiaan dunia-akhirat. Amiin ya robbal ‘alamin..

    Dalam ajaran Islam, orang yang ingin masuk ke syurga sebenarnya dianjurkan untuk mengajak sesamanya untuk bersama2 melangkah meraih syurga. Mereka yang tidak mengajak saudaranya suatu saat akan dipertanggung jawabkan langkahnya dihadapan Allah.

    Tidak seperti perkataan Anda yang menurut Saya, bahwa dalam pikiran Anda, Anda tidak akan mengajak teman, saudara, bahkan keluarga Anda untuk ikut masuk syurga. Sehingga kalaupun Anda masuk ke syurga, Anda tidak akan rela berbagi tempat dengan sanak saudara Anda. Begitukah cara berfikir Anda sebagai orang beragama??

    Wallahu a’lam…

  5. torasham Says:

    @danang……
    keselamatan yg mana..?
    toh yesus tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri…

    @petruk
    islam masuk dengan perdagangan bukan dengan bujuk-rayuan dan penjajahan….lihat sejarah.

  6. roni Says:

    saya kasihan dengan anda yang panatik buta. coba lihat secara jujur, apa yang islam perbuat di berbagai belahan dunia? kekejaman, kebencian, dan pembunuhan. jika itu benar anda juga mempunyai bibit yang sama. kasihan deh loe!

  7. Severn Says:

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation 🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Severn.

  8. agung Says:

    weks…. atas dasar apa anda mengatakan islam itu kejam penuh kebencian dan pembunuhan???

    anda melihat dari sisi apanya…

    dalam islam disebutkan bahwa islam adalah rahmat bagi seluruh alam….

    mari kita berdiskusi dengan bijak…..

  9. agung Says:

    saya juga kasihan dengan roni????

    kasihan deh lo gak bisa merasakan manisnya iman dan islam….

  10. MICXO Says:

    danangak
    kasihan betul deh anda …..
    dipaku aja berdarah, mati malahan …
    kok di mintai pertolongan biar selamat ……
    SELAMAT DARI APAAN ???????????????

  11. MICXO Says:

    Petruk
    Emang lo besok bisa ke kuburan sendiri po truk …….

  12. Gusman Says:

    Saya kebetulan tinggal di seputaran Kampung Sawah sebagai imigran Condet dan seorang muslim Betawi. Yang jadi pemikiran saya adalah bagaimana upaya kalangan ulama Islam sendiri membendung sepak terjang orang-orang nasrani.

    Masih sering ditemukan bantuan terselubung misionaris yang hendaknya menjadi perhatian kita umat muslim. Peningkatan berdakwah dari para Da’i sangat diperlukan, apapun bentuknya karena saya melihat lebih cenderung dari kalangan Nasrani yang lebih bergeliat dengan acara-acara misionarisnya.

    Sekalipun demikian budaya orang Kampung Sawah sangat berbeda dengan budaya Betawi umumnya (Betawi Tengah dan Pinggir).

    Bagi saya pribadi orang-orang Kampung Sawah yang Nasrani bukan orang Betawi. Karena Betawi identik dengan Islam….titik.

    Tabe’…

  13. Orang Awam (Abdi Allah) Says:

    Dasar orang nasrani sukanya mencari domba yg tersesat (artinya hanya domba yang tersesat lah yang mau diajak oleh mereka, tersesat ya artinya salah jalan karena bodoh, dungu, pikun, gila, gak berpendidikan, dll. Kalau domba yg gak tersesat ya domba2 yang selamat dunk sampai kepada kehidupan akhirat yang abadi dan masuk ke surganya Allah SWT)….. Selamat mencari domba yang tersesat. Tapi kayanya pengembala Muslim harus rajin nih menghitung domba2 agar gak diculik dombanya lalu ditutupin mata & kupingnya terus dibawa oleh Nasrani kehutan belantara yang gelap gulita lalu dibuka tutupnya terus dikatakan oleh Nasrani, hai domba sekarang kamu udah gak tersesat lagi, padahal si domba bingung mau kemana dia setelah ada di hutan, mungkin jadi santapan bintang buas yang sudah menunggu dihutan belantara….He…he…he

  14. danangak Says:

    Saya tidak ingin melecehkan agama lain.Semua agama mengajarkan kebaikan,tapi tidak semuanya kebenaran.Dan Kristen pun bukan sekedar agama.Kristen adalah kehidupan orang yang hidup dalam Kristus.Apa ada tuhan lain yang rela berkorban demi umat-Nya selain Yesus?Jadi Allah adalah Mahapengasih bukan sekedar semboyan,tetapi telah terbukti melalui pengorbanan-Nya.

  15. hendy Says:

    agama ku adalah islam,,,, agamamu adalah agama mu,,,, yang ku tahu,,,,agamamu tak akan dirhidoi ALLAH SWT,,,jadi siap2 saja masuk neraka,,,, upss,,, walaupun kau baca alkitab mu yang punya versi baru dan lama,,,,perjanjian baru ato perjanjian lama,,,, gag bakal ngasih kamu ketenangan,,, itu hanya sampah,,,, mana ada kitab yang punya versi,,,,,,,,,,kacian deh loe,,,,,,

  16. Hengky Says:

    Yaelah.. gitu aja dipeributkan.. Untuk saudara sebangsa dan setanah air, hendaknya kita tidak meributkan hal-hal seperti ini.

    Dan saya juga mohon kepada umat Kristen untuk menghormati saudara sebangsa kita yang beragama lain. Biarkan mereka memeluk agama mereka masing-masing. Jangan lagi di paksa untuk memeluk agama anda. Toh apakah anda sudah yakin dengan kebenaran agama anda?? Toh apakah anda yakin anda mati anda akan masuk surga??? Toh kalau agama anda yang bodoh dan bohong apakah ketika anda mati anda bisa bertaubat dan menyesal di alam baqa sana???

    Sebaiknya berinstropeksi dahulu. Jangan mengecam agama lain dengan rasa kebencian dan permusuhan. Ingat bagi umat kristen. Sudahkah anda mempelajari Injil anda dengan bahasanya yang asli yaitu bahasa Ibrani Kuno?? Siapa tau Injil yang anda pelajari sudah direkayasa oleh orang bodoh dan idiot yang tidak bertanggung jawab???

  17. Unknown People Says:

    maaf.. saya hanya ingin memperjelas saja.. memang kalo berbicara agama, pasti menyangkut emosi.. jadi lebih baik,,
    sebelum anda mengetik di forum ini.. lebih baik anda menggunakan pikiran yang logis dan sopan sedikit… ^^ heheh.. inilah salah satu budaya masy indo yang kurang pendidikan dan latar belakang yang cukup yang selama ini terjadi… misalnya kerusuhan, pembunuhan ato kriminalitas apalah..

    sewaktu anda berbicara mengenai agama (baik kristen ato islam kek) sebenarnya anda berbicara atas diri anda sendiri.. apa ada Allah dibelakang anda yang menyuruh anda berbicara kasar???? apa ada Allah yang mendukung anda membenci sesama hanya karna persoalan yang masih misteri?? (Agama)

    intinya daripada pembicaraan ini, bukan hanya mengenai AGAMA!! tapi dari perilaku kita sendiri.. AGAMA tidak pernah memaksa orang untuk menganut ini ato itu.. hanya kesadaran dan kemauan kitalah yang bisa mencicipi hal tersebut..

    saya sendiri adalah umat kristiani, bukan berarti saya membenci islam.. Sebenarnya kalo anda melihat sejarahnya,, islam merupakan saudara deket dari kristen mengapa demikian..?? saya tidak berupaya sok tahu disini, saya hanya menceritakan yang saya tahu saja.. Islam dan kristen berasal dari satu allah, berasal dari 1 Bapa bangsa (Abraham /IBrahim)

    Kristen berasal dari keturunan Ishak (sarah) dan islam berasal dari keturunan Ismail ( lupa saya nama ibunya) memang waktu itu ismail berserta ibunya di usir oleh sarah karna baginya tidak berkenan.. yang dikehendaki oleh Allah kepada abraham hanyalah Ishak yang berasal dari rahim sarah.. apakah tuhan mengasingkan ismail?? Tidak..

    Allah menyuruh malaikat untuk memberitahukan kepada ibu ismail,, bahwa anaknya akan menguasai 1/3 bagian umat dibumi…

    Mengapa YESUS sang Juru selamat tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri sewaktu di salib???

    Intinya memberikan kita keselamatan dari dosa.. dan supaya kita bisa mencicipi kehidupan surga..

    mungkin bagi orang awam tidak begitu mengerti.. pada dasarnya Yesus lahir di bumi dengan penuh kerendahan.. sampai2x harus lahir di kandang domba..

    ini semua yang dilakukan yesus semata-mata hanya untuk kita..

    @torasham
    kalo anda ingin tahu,, yesus memang mati disalib,, 3 hari kemudian dy bangkit dengan seluruh jiwa raga baik fisik maupun roh…

    bayangkan kalo yesus sewaktu disalib dy menunjukkan kuasa Allah di hadapan umatnya,, supaya tidak bisa mati.. hal ini seolah-olah seperti angkuh bukan???

    intinya kerendahan,, cinta kasih,, dan pengampunan…

    saya sarankan kepada anda2x yang suka menghina2x agama atau mendukung agamanya terlalu ekstrem sampai2x harus membenci umat agama lain saya anjurkan lebih baik anda diam seribu bahasa.. biar Tuhan Allah sendiri yang bertindak atas ITu…. karna dia tahu apa yang harus diperbuat terhadap umatnya..

    saya anjurkan anda (baik kristen ataopun muslim) lebih baik fokus dan perhatian terhadap perkembangan iman anda,, seperti rajin2x berdoa, beribadah, shalat, puasa ato apapun…

  18. padahal_hamba_Allah Says:

    Ass,…

    wah rame juga leh donk ikutan he..hee.hee

    LAGI LAGI DEBAT AGAMA…..

    HANYA MENGGINATKAN AJA KALE YAAA…
    @Unknown People
    saya anjurkan anda (baik kristen ataopun muslim) lebih baik fokus dan perhatian terhadap perkembangan iman anda,, seperti rajin2x berdoa, beribadah, shalat, puasa ato apapun…

    ANJURAN nt boleh juga tapi masalahnya umat kristen sendiri yang resek..

    make acara PEMURTADAN

    MALU DIKIT DONK….

    katanya kasih n damai tapi kox memalsukan Al-quran n hadist, menerbitkan buku-buku bermuka islam…. DLL….MASIH BANYAK DEEEHHHH…untuk memperlancar PEMURTADAN….udah ngak punya ide ya,,,,…JAWAB

    MANA hati nurani nt yang katanya kasih n damai itu…

    SEBENARNYA ana menghargai nt-nt(umat kristen) tapi nt-nt sendiri yang resek, melakukan PEMURTADAN

    apa itu yang disebut kasih dalam kristen…???

    apa itu yang disebut damai dalam kristen…??
    DENGAN MENGUSIK AGAMA LAIN….JAWAB
    COBALAH MENGENAL DIRI SENDIRI

    Apa nt-nt ngak bisa menjalankan agama nt tanpa harus berusaha memalsukan kitab suci agama lain…

    sekali lagi hanya menggingatkan selebihnya terserah nt mau mencari kebenaran apa ngak..????

    BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU

    By orang yang belajar iklas n sabar

  19. unknown people Says:

    Ehmm.. saya sich tidak tahu kalo untuk urusan(kemurtadan) seperti itu..

    Intinya.. setiap orang selalu bertindak atas dirinya sendiri,, mengatasnamakan agama..

    mao contoh??? FPI suka ngrusak2x dengan atas nama ALLAH..
    emang ALlah yang menyuruh??
    kalo emang ng bisa tahan liat kemusrikan,, itu salah anda sendiri.. yang nga bisa tahan iman dan godaan…

    saya tidak menghargai agama kristen saja.. agama lain juga saya hormatin..

    cuma saya pejelas disini BAIK KRISTEN OR ISLAM,, jgn suka bertindak semena2x..

  20. padahal_hamba_Allah Says:

    @Unknown People

    Gimana ngak bisa jawab yaa….

    apa nt kayak si@nesia itu yang ngaku-ngaku masuk islam tapi bohongan

    nt mungkin udah tau situs ini: Justru Setelah Jadi Muslim, Aku Tahu Kristen Itu Benar

    kalau belom ngak ada salahnyakan coba dibuka…????

    Dia cuma pura-pura aja masuk islam sebagai alasan untuk buat Blog

    KALAU DIA NGAK YAKIN AMA ISLAM KENAPA MASUK ISLAM….???

    KALAU DIA BELUM PAHAM ISLAM KENAPA BALIK AGAMA YANG SEMULA….????

    EMANG DASAR NGAK PUNYA MALUUU…..

    MANA TU KASIH N DAMAINYA…???
    KALAU DAMAI KOX MELAKUKAN PERMURTADAN, KOX MEMALSUKAN Al-Quran n HADIST..DLLL …JAWAB

    sekali lagi hanya menggingatkan selebihnya terserah nt, mau mencari kebenaran apa ngak…

    SEMOGA NT MENDAPATKAN HIDAYAH

    BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU

    By orang yang belajar sabar n ikhlas

  21. padahal_hamba_Allah Says:

    @unknown people

    Hanya menngingatkan

    sori banget terputus cz ada yang nelfon tadi…

    Wah….ternyata selisih 4 menit tu, nt duluan yang kirim komentar,….hee….heeee

    tapikan ngak kayak missionaris make MEMALSUKAN AL-QURAN….JADIKAN kesannya gimana gituu….

    KATANYA punya kitab suci (injil) tapi kox make memalsukan kitab suci agama lain……

    napa ragu yaa, ama kitab sendiri….

    yang jelas ngak bakalan bisa deeh memalsukan Al-Quran kan udah dijamin oleh Allah
    itu salah satu bukti bahwa Al-qoran ngak bohong

    kitab nt ngak dijamin kan ama yesus yang dianggap tuhan ama nt-nt…

    ana juga mengimani injil tapi injil yang dulu kaleeee
    yaaa,,sebelum dirubah ama MISSONARIS-MISSIONARIS yang namanya ada disetiap akhir ayat itu..tu

    hanya menngingatkan selebihnya terserah nt,mau mencari kebenaran apa ngak

    yang jelas BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU

    BY orang yang belajar sabar

  22. coolman Says:

    Gue heran deh liat orang muslim. Kenapa anda mengusik ketenangan orang yg memeluk agama selain Islam? Buat bung hendy yg emosianal, saya mohon anda menjaga mulut anda; tidak cukupkah umat muslim dihukum Tuhan dengan badai TSUNAMAI DI ACEH? Lihatlah perbuatan2 muslim dewasa ini yg katanya agama yg diridhoi; coba bercermin Islam identik dengan terorisme dan anarkisme; ITU UDAH TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA. Agama yg benar itu adalah agama yg baik dimata Tuhan dan disemua umat manusia.

    Kalau anda ingin tau sepakterjang dan Islam yg sesungguhnya; mohon kunjungi website di link bawah ini :

    http://www.%5B……].[……]freedom.org/forum/

    [Maaf, website yg anda tampilkan tidak layak untuk dibaca. Terima kasih. -admin-]

    Lihat tuh kesaksian2 dan dialog tentang Islam yg sesungguhnya.

  23. Zoe Says:

    @ danangak

    Apa ada tuhan lain yang rela berkorban demi umat-Nya selain Yesus?

    tuhan berkorban??? bingung??

    @ Unknown People

    Mengapa YESUS sang Juru selamat tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri sewaktu di salib???

    Karena yesus memang bukan sang juru selamat, ia adalah manusia yang membangkang terhadap perintah Nabi Isa a.s juga terhadap perintah Allah tentunya.

    bayangkan kalo yesus sewaktu disalib dy menunjukkan kuasa Allah di hadapan umatnya,, supaya tidak bisa mati.. hal ini seolah-olah seperti angkuh bukan???

    Mengapa tidak tunjukkan saja mukjizat yang diberikan olehnya kalo memang ia adalah seorang rasul, bahkan menurut Anda adalah Tuhan??

    saya sarankan kepada anda2x yang suka menghina2x agama atau mendukung agamanya terlalu ekstrem sampai2x harus membenci umat agama lain saya anjurkan lebih baik anda diam seribu bahasa.. biar Tuhan Allah sendiri yang bertindak atas ITu…. karna dia tahu apa yang harus diperbuat terhadap umatnya..

    Apa yang bisa diperbuat Tuhan Anda? kalo Tuhan Anda sendiri mati disalib.

    @coolman

    Dengan mencantumkan link yang Anda berikan diatas. Secara tidak langsung, Anda mempromosikan bahwa orang2 nonmuslim sangat benci terhadap Islam. Tidak terkecuali agama yang Anda anut sendiri!.

    Untuk kasus terorisme, the biggest terrorist in the world is: US ! Amerika Serikat. Semua orang didunia sudah pada tahu kebusukan2 apa saja yang ada dalam pemerintahan yang dipimpin oleh presiden Bush. Kalau Anda tidak tau berarti Anda adalah seorang yang tidak pernah membaca koran, melihat televisi dan menyaksikan kejadian2 yang dilakukan oleh pembantai terkeji dunia -Amerika Serikat-.

    Agama yang benar hanya agama Islam. Selain dari itu tidak akan diterima disisi Allah swt. ::bangga::

  24. Unknown People Says:

    SWT GEDE2x.. wkwkwkwkw

    ya pokokna jawabannya masih misteri kalo mengenai agama,, jawabannya ada pada setelah lu meninggalkan dunia fana ini… L.o.L

    Intinya kita berpikir aja disini bukan ngadu mana yang bener kalo anda sendiri tidak tahu apa2x.. cuma bisa memanaskan situasi doank….

    Sekali lagi semua AGAMA BAIK,, tinggal umatnya saja yang tidak lurus…

  25. Amin Says:

    ALLAHUAKBAR

  26. Endhie joseph Says:

    Jika yesus menyembah allah sbagai tuhan,maka saya menyembah siapa??
    Pemikiran Itu awal saya masuk islam..
    Kristus berdo’a kpada allah.agar dia diberi kesempatan menjadi umat muhammed..
    Karena dajjal hanya bisa di binasahkan oleh keturunan nabi,maka kristus di angkat kesorga..
    Dan pada hari akhir nanti,kristus akan turun kedunia,membunuh dajjal,menjadi umat muhammed dan menghancurkan salib..

    Itulah kata kristus.DI HARI AKHIR NANTI,AKU(ISA AS)AKAN TURUN KEDUNIA DAN MENGHANCURKAN SALIB.

    Kalimat itu tertera di alquran surat al baqarah..

    Jd,knapa qta hrus brdebat,tunggu aja kristus turun untuk menghancurkan salib..

    Satu lagi,jika islam adalah agama teroris,brarti kristen agama pembunuh brdarah dingin ya..

    Qta lihat AS menyerang iraq,membunuh warga sipil,hanya untuk mencari 1orang..

    Sbagian bsar kluarga saya kristen,tp sbentar lagi mereka akan masuk islam..
    Itu smua krena hasil krja kras saya..

    Bukan saya paksa ya..

    Saya hnya melakukan apa yg menjadi kwajiban saya,seperti shalat,puasa,wudhu,dll..
    Dan sungguh saya tidak percaya,bahwa kluarga saya suka dgn aktifitas kwajiban saya,entah mengapa..

    Sbentar lagi,salib yg menggantung di dinding ruang tamu saya,akan berpindah ke gudang..
    Sebuah kemenangan bagi saya..

    Selanjutx saya akan melakukan hal serupa di sekolah saya(saya skr skolah di SMAK St. Albertus)

  27. unknow people Says:

    @endhie , boleh tau d’ayat ke berapa nya ???
    apa sih fb u ???
    boleh tau ?/

  28. Laskar SALIB Says:

    Mana ADA AL-QUR’AN dipalsukan , yang ADA INJIL yang dipalsukan,,,,,
    terang2x duluan INJIL SAMA TAURAT…..
    KALAU INJIL salah, pasti AL QUR’AN salah, Karena AL’QURAN berasal dari INJIL…
    Tapi Kalau Injil Benar belom tentu AL’QURAN benar karena AL’QURAN hanya pengikut dari INJIL dan kebenarannya acak2x kan…. lihat saja ayat yang satu dengan yang lain gak jelas,,,,, berubah2x ketawan rekayasa manusia bukan dari ALLAH

  29. Laskar SALIB Says:

    ANSA Semua TIDAK MENGENAL JESUS

    JESUS adalah 100% Manusia & 100% ALLAH
    anda tidak akan bisa masuk surga oleh amal kalian
    contoh hal :
    Bagaimana mungkin anda bisa mencari ALLAH dan berkomunikasi langsung dengan ALLAH…
    Untuk itu ALLAH harus datang ke dunia melalui manusia yaitu JESUS, tidak mungkin jadi yang lain, karena manusia tidak akan mengerti….
    yang ke dua :
    Siapa bilang Jesus Tidak di salib….!!!!!
    Tolong anda baca di surat maryam….!!!!
    ke 3
    Mengapa Jesus Menyembah ALLAH….!!!!1
    Karena dia berada dalam tubuh manusia…
    dan yang ke 4
    APA BENAR NABI anda benar mendapatkan wahyu , dari mana buktinya…? karena di GUA itu tak ada 1 orang pun yang tau,
    dan yang ke 5
    ada tidak di AL QURAN Isa berbuat dosa, atau menuruti kedagingannya untuk menikah…… jelas2x di surat maryam bahagialah saat dia diwafatkan….
    kalau menurut anda tidak disalib dan di angkat langsung ke surga,,,,, kapan wafatnya,?
    JADI SIAPA PENIPU?
    AL’QURAN kah atau INJIL
    Jika anda membaca injil semua yang dikatakannya terjadi,….
    tapi jika anda membaca AL’QURAN dan analisa , terlihat itu hanya akal2an nabi anda untuk membuat seakan-akan yang dikatakan benar,,,, padahal ayat 1 dan ayat yang lain saling bertentangan, disana terlihat rekayasa manusia,,, buhkan wahyu dari ALLAH….
    SEMUA Itu tergenapi sudah dari Anak Abraham/ Ibrohim….
    sampai kapan pun tangan dan kaki ismail tak pernah satu,,,, selalu perang
    apakah tidak tergenapi.
    oke kalau mau buktinya……
    coba anda ke tempat angker mana yang lebih ampuh menyebut nama nabi anda apa JESUS (ALLAH yang menjadi manusia untuk menebus dosa manusia)

  30. Laskar SALIB Says:

    SAYA AKAN JAWAB….
    Mengapa YESUS tidak menyelamatkan diri waktu disalib…!!!!
    1. di al quran surat maryam , terang 2x dikatakan bahagialah saat dia diwafatkan…
    2. jika YESUS menyelamatkan diri maka gagalah misi PENYELAMATAN DIA,,,,
    INGAT ARTI PENYELAMAT itu adalah Menyelamatkan manusia dari dosa,,,,, bukan menyelamatkan diri.
    jika dia menyelamatkan diri berarti dia bukan ALLAH dan berarti pengecut….. yang mempunyai tujuan dibatalkan… Tapi Apa dia mematuhi janjinya sebelum DIA ada sudah dikatakn pada nabi2x sebelumya akan kedatanga MESIAS (Sang Juru SELAMAT) anda mengartikan JURUSLAMAT bukan dari sudut pandang anda yang DUNIAWI,,,,karena YESUS disalib uda rencana dirinya karena “ALLAH MAHA TAU”
    jika dia benar2x WAFAT
    sekarang mengapa di SURAT MARYAM dikatakan
    bahagialah dia saat dibangkitkan kembali dan diangkat ke SURGA lalu datan saat waktu kiamat….
    JADI KALAU sebelum wafat diangakat ke surga….
    KAPAN WAFATNYA?
    KAPAN BANGKITNYA?
    Aneh,,,, dari sana ketawan rekayasa yang busuk demi seakan penyakit EPILEPSI NABI dikira kerasukan rohul suci….
    padahal syeton juga bisa memutarbalikan fakta kebenaran…..
    apakah anada bisa jawab?

  31. Laskar SALIB Says:

    BISA AJA TU SI PEMBUAT WEB MENGREKAYASA….!!!!
    MANA BUKTINYA,,,,,,!!!!!!

  32. aneh Says:

    Zoe , anda sepertinya orang yg super fanatik & rasis…jakarte kagak bakalan damai dengan posting2 dan celotehan2 orang2 seperti ente

  33. William Says:

    @ Torasham : Perkataan anda persis sekali dengan perkataan Imam Yahudi dan Ahli Taurat saat Yesus disalib, mereka berkata, jika Engkau anak Allah turunlah Engkau dari salib, Yesus bisa saja melakukan kuasa itu, tetapi Dia tidak mau karena Dia datang ke dunia untuk menyelamatkan orang banyak dengan di salib. Jadi Yesus bukan datang untuk urusan duniawi, seperti menikahi janda, lalu menikah lagi dan mempunyai istri sampai 12. Allah Bapa di Surga telah mengaruniakan anaknya yang tunggal agar orang Ibrani sadar akan kesalahan mereka
    @ Hendy : Perjanjian Lama adalah kitab sebelum kelahiran Yesus dan Perjanjian Baru adalah kitab setelah kelahiran Yesus, kematiannya di salib, sampai kebangkitannya yang mulia. Sepertinya anda musti banyak membaca agar ilmu anda tidak cetek seperti katak dalam tempurung. Thanks

  34. lilipolly Says:

    Klo memperdalam cerita para nabi….semua nabi secara turun temurun memperingatkan akan ada nabi yg datang dan mengorbankan dirinya lalu bangkit di hari ketiga untuk menebus dosa manusia…lalu penggenapan itu terjadi dengan lahir ny Yesus.dan yesus pada hari kenaikan ny berpesan agar kita bersiap dan berjaga jaga untuk kedatangan ny yg kedua untuk masa penghakiman….tidak ada kata2 atau pesan akan ada nabi akan datang setelah Dia…Yesus adlh yg pertama dan yg Terakhir.itu adlh perkataan Yesus(ISA)….lalu siapa Muhammad itu…Dia adlh Rasul yg juga memberitakan kedatangan Yesus nanti….ingat..! Rasul bkn Nabi.

  35. LagiBELAJAR Says:

    Lanjutkan topik ini..

    Smoga yang blum bertobat cepat2 bertobat..pakai akal sehat bukan yakin doank tp tak ada bukti..masa cuma yakin aja,sedangkan ajaranx bertentangan dengan hati nurani..

  36. Bang Uddin Says:

    mam Ghazali = Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini ?
    Murid 1 = Orang tua
    Murid 2 = Guru
    Murid 3 = Teman
    Murid 4 = Kaum kerabat
    Imam Ghazali = Semua jawapan itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah MATI.
    Imam Ghazali = Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?
    Murid 1 = Negeri Cina
    Murid 2 = Bulan
    Murid 3 = Matahari
    Murid 4 = Bintang-bintang
    Iman Ghazali = Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU.

  37. David Says:

    Artikel tolol yg mendominasi inilah salah satu penyebab knapa Indonesia sulit maju. Negara ini dibentuk dgn dasar PANCASILA oleh para jenius2 d masa lalu. Knpa jenius!? Karena mereka sudah memikirkan dasar negara ini utk beratus2 tahun kemudian. Knpa!? Karna Indonesia negara kepulauan, berbeda ras, bahasa, dll..

    So siapapun yg tidak menganut dasar PANCASILA, dia adalah penghianat negara Indonesia! Tidak perduli dia dari pulau mana, ras apa, berbahasa apa, dll.

    Penghianat negara Indonesia tidak layak hidup d Indonesia!

  38. Yudi Says:

    artikel tolol ga ngerti sejarah, coba bos brosing lagi mengenai sejarah Kampung Sawah, orang rasis kayak Madi kok didengarkan!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: