Salahkah?

Waktu itu gw pernah posting tulisan yang tentang soal-soal ujian tengah semester yang udah gw laluin. gw emang nulis itu soal karena gw pikir (mungkin) soal ini akan berguna untuk mahasiswa-mahasiswa bukan hanya binusian, tapi siapa saja yang menginginkan soal. daripada dibuang begitu saja dan punah ditelan zaman, lebih baik gw share ke orang2 yang emang membutuhkan. iya gak?? dan itu gw tulis bukan disaat seminggu sebelom uts atau 3 hari atau sehari ataupun sejam menjelang uts. bukan! gw nulis itu setelah gw menjalani soal-soal itu! setelah 3 jam, 6 jam, sehari ataupun seminggu setelah gw menjalani uts mata kuliah yang dimaksud.

Gw gak pernah tau apa dan bagaimana soal2 tersebut sebelumnya sampai akhirnya gw menjalaninya, gw gak pernah ngebocorin yang namanya soal-soal mata kuliah yang akan diujikan sebelum waktunya mahasiswa menjalani ujian. Yang paling banter, dosen ngasih kisi2 ke mahasiswanya detik2 menjelang ujian dan itupun tidak semuanya sempurna 100% ada yang hanya memberikan bab mana saja yang akan diujikan nanti, ada yang memberikan overall secara generalnya saja bahkan ada yang hanya menyuruh mahasiswa untuk membaca buku karangan si anu. dan itu hal yang wajar dilakukan dosen dimanapun di universitas di dunia!.

Singkat saja, mungkin saya yang memposting soal-soal ujian dari kampus. dan itu inisiatif dari saya, bukan dari orang lain, tiada paksaan, dan satu lagi. Saya menulisnya hanya ketika saya telah menjalani ujian dari mata kuliah yang dimaksud!!! so, bagi segelintir orang yang merasa ujiannya ‘dibocorkan’ atau merasa soal-soal ujiannya tidak pantas untuk dimasukkan ke internet dalam hal ini melalui media blog. saya tidak tahu apa alasannya untuk tidak membolehkan hal tersebut. Jika alasannya hanya karena soal-soal tersebut untuk dipakai pada tahun berikutnya, alangkah malasnya sebuah universitas yang membiarkan soal-soal tahun lalu dibiarkan persis sama diujikan untuk mahasiswanya. Apakah tidak ada satupun dosen yang memiliki banyak waktu untuk membuat soal-soal? atau memang kebijakan kampus yang seperti itu adanya?

Sungguh sangat disayangkan bila memang itu alasan yang paling mendasar dan utama dari tidak diperbolehkannya soal2 berseliweran didunia maya. kalau memang itu alasannya, mau diapakan bangsa Indonesia? mau diapakan anak muda generasi penerus kita nanti? ha? mau diapakan? justru dengan saya memposting soal2 ini diharapkan universitas tidak akan pernah memakai soal yang sama jenis ini di tahun berikutnya. dan ini akan memicu para dosen untuk membuat soal dengan jenis yang berbeda walaupun, materi pokoknya sama. sehingga mengakibatkan mahasiswa pun menjadi semakin pintar dan berwawasan luas dalam menghadapi ujian.

Dengan ditambahnya soal2 dari jenis yang berbeda, mahasiswa akan semakin tertantang untuk mengerjakannya dan para dosen pun tidak mau ketinggalan untuk berinisiatif membuat soal yang berlainan. dan jika materi pokoknya sudah tidak lagi memenuhi kebutuhan zaman, kiranya para dosen dan beberapa petinggi kampus sudi mengganti materi tersebut dengan materi terkini yang dibutuhkan oleh dunia. karena dengan begitu kualitas kampus dan pendidikan Indonesia tidak akan pernah ketinggalan dari kampus2 di luar negeri lainnya.

Banyak saya melihat diblog manapun ada mahasiswanya yang mempublish
semua soal2 full, lengkap tanpa cacat di blognya dan tidak ada
masalah dengan itu sedikitpun, mengapa Anda seperti kebakaran jenggot? Saya tahu, tuisan saya sudah ada yang dikutip di blog2, website ataupun di beberapa mesin pencari dari soal2 yang saya publish disini dan itu akan membuat pendistribusian soal2 semakin cepat dan banyak.

Jadi, salahkah saya memposting soal-soal baik ujian maupun bukan, selama itu tidak bersifat bocoran?  Salahkah?? atau kalaupun ada bocoran, kenapa tidak? bila salah, berikan saya sebuah jawaban yang saya anggap pantas untuk dijadikan jawaban. dan bila tidak, UAS depan yang sedikit lagi menanti didepan mata. Semua soal akan saya posting disini berikut jawaban2nya (insya Allah).

Semoga bantahan ini akan memperjelas situasi yang ada saat ini.
Bila saya salah dalam mengolah situasi, yang mungkin bukan saya orang yang dimaksud, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.

Salam,

Sulaiman Zoe

Tinggalkan Balasan

