Game Nintendo Bisa Picu Epilepsi

Fransiska Ari Wahyu – detikinet


Screenshot Rayman Raving Rabids

London, Inggris – Seorang anak umur 10 tahun tiba-tiba kaku dan kejang-kejang tak terkendali tatkala tengah asyik memainkan game. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa si anak terkena epilepsi fotosensitif yang disebabkan oleh kilatan cahaya dari konsol game Nintendo-nya.

Epilepsi fotosensitif paling sering menyerang anak di usia 7-19 tahun, usia yang paling banyak memainkan video game. Serangan mendadak ini biasanya ditimbulkan oleh kilatan cahaya dengan pola tertentu atau sinar merah yang kuat.

Ibu dari anak malang tersebut, Gaye Herford (45 tahun) menggelar kampanye meminta pihak produsen game untuk selalu memeriksa gamenya dari potensi memicu epilepsi fotosensitif. Herford berhasil menggalang dukungan dari belasan anggota parlemen di Inggris.  Ibu ini bahkan sukses membujuk Ubisoft, satu dari perusahaan game komputer terbesar untuk memeriksa ulang seluruh produknya.

“Putraku tengah bermain game Rayman Raving Rabbids ketika serangan itu datang. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka rentan terserang epilepsi karena kilatan cahaya. Perlu ada perubahan peraturan untuk meminta perusahaan game menghilangkan bagian yang dapat memicu serangan epilepsi,” ujar Herford seprti dikutip detikINET dari Timesonline, Minggu (9/12/2007).

“Kami serius menanggapi kasus Gaye Herford. Tes yang dilakukan terhadap game Nintendo DS Rayman Raving Rabbids menunjukkan bahwa tidak ada gambar yang beresiko tinggi memicu epilepsi fotosensitif. Tapi bagaimanapun juga kami memandang setiap orang dapat bereaksi dengan cara yang berbeda, dan kami memutuskan untuk menyaring ulang dan menguji ulang semua game pada platform yang berbeda-beda,” tandas Rob Cooper, Direktur Utama Ubisoft Inggris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: