Formalin dimana-manaaaa…

Barusan.. pagi-pagi sekitar jam 7.30am abis nganterin adik ke sekolah SD nya. langsung buka FireFox dan ngeliat2 RSS Headline berita2 yg udah gw set jalan kayak di Metro TV. Gw liat tulisan Formaldehyde, Formalin di shampoo, sabun dan pasta gigi Anda. Weh langsung aja gw klik.. gw liat beritanya haha.. sebagian produknya ada di kamar mandi gw.. huhu.. besok-besok nggak lagi nemuin merek ntu yg udah jelas2 berbahaya. ni beritanya gw copy-paste aja deh. eh, dilarang nggak ya.. gw sertain juga sumbernya sih…

nih dia beritanya..

ini dia Sumber nya

Jum’at, 10/08/2007 07:47 WIB
Formaldehyde, Formalin di Sampo, Sabun dan Pasta Gigi Anda
Ahmad Dhani – Okezone

JAKARTA – Temuan mengejutkan diumumkan Lembaga Konsumen Jakarta (LKJ). Produk sabun, sampo dan pasta gigi bermerek ternyata mengandung bahan formalin. Lantas produk apa saja itu?

Informasi yang diperoleh okezone, Jumat dari LKJ produk barang-barang tersebut adalah Pepsodent herbal, whitening dengan perlite, pencegah gigi berlubang; Formula Aksi Putih Sparking Whitening, Limited Idol Edition;

Sabun cair Lifebuoy (Deep Clean Bodywash Actifresh), sampo Lifebuoy (Anti Dandruff, Daily Care; sampo Clear yang active care anti ketombe, scalp oil control, hair fall defense; serta sampo Sunsilk strong & smooth, silky straight, clean & fresh, lasting black shine.

Lantas di mana bahan formalin itu bersembunyi? Jika Anda menelitinya, maka Anda akan menemukan kata-kata mengandung Formaldehyde. Yups, itulah nama lain dari formalin yang kita kenal.

Pihak Unilever selaku pabrik yang memproduksi produk-produk yang disebut mengadung formalin itu mengakui jika produknya mengandung formaldehyde. Namun, mereka mengklaim jika produknya menggunakan di bawah batas ambang penggunaan yang diperbolehkan.

“Semua bahan yang dipergunakan di dalam produk Unilever telah diketahui dan disetujui BPOM,” kata Manajer Komunikasi Internal PT Unilever Maria D Dwianto dalam rilisnya kepada okezone, Jumat (10/8/2007).

Dalam rilis tersebut disebutkan Pepsodent mengandung Formaldehyde sebesar 0,04 persen atau jauh di bawah batas yang diperbolehkan sebesar 0,1 persen.

Lifebuoy sabun cair jenis Deep Clean Bodywash Actifresh mengandung Formaldehyde sebesar 0,1 persen (yang diperbolehkan 0,2 persen). Sampo Lifebuoy mengandung 0,04 dari batas aman sekira 0,2 persen.

Sampo Sunsilk mengandung 0,04 persen bahan formaldehyde dari batas 0,2 persen yang diperbolehkan. Sementara untuk Sampo Clear juga mengandung 0,04 persen dari batas yang diperbolehkan 0,2 persen.

Meski masih di bawah batas yang diperbolehkan, PT Unilever mengakui jika produk-produknya menggunakan bahan formalin. (ahm)

Ini dia Sumber nya

Kamis, 09/08/2007 18:59 WIB
BPOM Larang Pasta Gigi Maxam, Pepsodent Belum
Syukri Rahmatullah – Okezone

JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum pernah mengeluarkan larangan peredaran produk pepsoden selama ini. Kecuali pasta gigi merk Maxam.

“Kalau pasta gigi Maxam sudah kita larang peredarannya, karena mengandung bahan kimia diethylene glycol yang digunakan untuk minyak pelumas mesin,” kata Kepala Humas dan Hukum BPOM, Chusosi kepada okezone melalui telepon di Jakarta, Kamis, (9/8/2007).

Chusosi mengatakan pasta gigi produk negara Cina itu mengganti Gliserin, obat untuk pelican dengan diethylene glycol yang harganya lebih murah.

“Bahayanya, jika banyak kandungan yang masuk ke dalam tubuh, maka semakin banyak racun yang dikomsumsi,” katanya.

Namun, Chusosi mengingatkan tidak semua pasta gigi merk Maxam berbahaya, hanya berwarna hijau-biru saja. Sedangkan yang lama berwarna merah tidak berbahaya. (uky)
Kutipan berita lain masih di Okezone..

Meski tidak seheboh produk makanan dan permen asal China, namun kabar tersebut sangat mengkhawatirkan orangtua. Bayangkan, dalam waktu yang lama jika anak kecil berinteraksi dengan mainan yang mengandung timbal, maka ada kemungkinan mengalami gangguan otak.

Yang paling menghebohkan adalah penemuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahwa beberapa permen dan bahan makanan yang diimpor dari China mengandung bahan dasar formalin dengan porsi yang cukup banyak.

Tak ayal akibat adanya penemuan tersebut, produk-produk makanan asal China yang disebut mengandung zat berbahaya itu ditarik dari peredaran.

\\\\\==============/////

Tarik aja bos… boykot klo perlu.. lha wong produknya udah bikin rakyat Indonesia kena penyakit… mana expor Indonesia ke China juga dihentikan. Klo gitu apa nggak nantangin??

Boycott all product yang merugikan rakyat Indonesia.. Hidup Indonesiaaa….!!!

Iklan
Ditulis dalam Opini Saya. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Formalin dimana-manaaaa…”

  1. dentist Says:

    It’s really a great and useful piece of info. I’m glad that you shared this helpful information with us.
    Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: