Ucapan Baik dan Buruk

Di lingkungan rumah gw ada anak2 kecil yang biasa maen di depan rumah. Umurnya ada sekitaran 5-7 tahunan. ada cowok ada juga cewek. Kalo lagi main2 biasa aja, petak umpet, gale asin, taplak meja, dll. Disitu gw pasti mengira anak2 tu manis2, baik2, sopan, dll. Ternyata tampak luar nggak seperti yang kita bayangkan klo kita liat dari ucapan yang diucapkan anak tersebut.

Barusan aja gw denger anak kecil lagi becanda2 ama orang yg lebih gede, mungkin si anak merasa tersinggung atau merasa dizolimi, atau gimana gitu, karena merasa si pengganggu ini mau dipukul, maka dia lari menyelamatkan diri. Si anak nggak mau kalah, dia ngejar, tapi karena nggak mampu, dia mundur sambil caci maki. Tau nggak apa ucapan yang dikeluarin dari mulutnya?……

“NGE*TOT LOE !!!, AN*ING LOE !!, SINI KLO BERANI !!!”

Masya Allah, anak kaya gitu udah berani ngomong yang nggak bener?? siapa yang ajarin?? emaknya? bapaknya? kakak2 nya atau lingkungannya? Anaknya Masih kecil umur sekitar 5 tahun, cewek lagi. Adek gw jg cewek, umur 7 tahun. Tapi nggak pernah tuh yang namanya gw denger umpatan2 iblis yang barusan gw denger. Paling klo lagi kesel dia cuma ngambek sambil mukul2in orang/barang.

Gw bayangin, gimana pendidikan yang diajarkan oleh orangtuanya? kok bisa kaya gitu? klo gw perhatiin dari kehidupan keluarganya, rasanya wajar klo dia berkata spt itu. Kalo maen dia sampe jam 10 malem belom disamperin ama emaknya, kakanya apalagi bapaknya. paling Kalo lagi hujan aja walaupun masih siang klo hujan pasti disamperin tu bocah.

Kalo gw denger ucapan kaya gitu dari mulut adek gw, bakal gw nasehatin sampe bener ‘n supaya nggak diulang lagi. DUlu ade gw jg pernah buat salah. Terus gw nasehati supaya jangan berbuat kya gitu lagi (Yang nggak bener). Dia manut2 aja, besok2nya nggak pernah tuh dia ngelakuin hal2 buruk. mungkin waktu itu dia lagi nyoba2, anak umuran ky gitu kan lagi demennya nyoba hal2 baru, ya mungkin jg ucapan dan perbuatan, dia belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Kita sebagai orang dewasa patut memberikan pengertian kepada anak2 bahwa apa yang dilakukannya benar atau salah. Jika benar, anak itu pantas mendapatkan pujian dari kita. Jika salah, jelas anak itu akan mendapat nasihat dari kita, bahkan kalau perlu dihukum apabila ia melanggar dikeesokan harinya.

Semoga saja Adek2 gw terlindung dari segala macam ucapan dan perbuatan buruk. ya Allah… Lindungilah kami dari perbuatan keji dan mungkar  Amiin..

Blogged with the Flock Browser
About these ads

Satu Tanggapan to “Ucapan Baik dan Buruk”

  1. Jovist Taufan Says:

    Mindset yang tercipta saat kita terlahir itu lah yang membuat setiap orang mengajarkan pada anak kita, seharusnya bagaimana cara kita menyikapi jika anak kita mendengar ucapan-ucapan yang tidak baik, dengan tidak memarahinya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: